Alur Sarana Pengaduan
Perusahaan telah menerapkan beberapa langkah untuk membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan konsumen AdaKami. Untuk meningkatkan pelayanan bagi konsumen aplikasi AdaKami, kami menyediakan sarana pengaduan melalui berbagai saluran komunikasi yaitu Customer Service AdaKami
Sarana Pengaduan
Call Center : 081313038182
Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami melalui jalur telepon dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui nomor 081313038182. Call Center AdaKami dapat dihubungi di hari Senin - Minggu pukul 8.00 - 20.00 WIB.
Email AdaKami : tanya@adakami-cs.id
Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami secara tertulis dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui alamat email tanya@adakami-cs.id di hari Senin – Minggu pukul 8.00 – 20.00 WIB.
Livechat : melalui aplikasi AdaKami
Bagi konsumen AdaKami yang ingin melakukan pengaduan/keluhan, pertanyaan, saran terkait operasional AdaKami secara tertulis dan singkat dapat menggunakan fasilitas yang disediakan melalui layanan chat pada aplikasi AdaKami di hari Senin – Minggu pukul 8.00 – 20.00 WIB.
Selain media tersebut di atas, Perusahaan kami juga menyediakan sarana pengaduan melalui media sosial seperti Instagram resmi AdaKami yakni @adakami.id.
Alur Pengaduan
Penerimaan Pengaduan
Konsumen menyampaikan pengaduan melalui:
Call Center
Live Chat
Social Media
Mass Media
OJK
AFPI
Eskalasi Pengaduan
A
Petugas Customer Service menerima pengaduan, mencatat pengaduan ke dalam sistem, membuat tiket pengaduan, kemudian melakukan eskalasi ke Complaint Specialist.
B
Complaint Spesialist melakukan eskalasi ke departmen terkait untuk proses penyelesaian pengaduan konsumen.
C
Proses investigasi dan penyelesaian atas pengaduan konsumen oleh departemen terkait sesuai dengan SLA penaganan pengaduan konsumen.
D
Feedback hasil investigasi dan pengananan pengaduan dikirimkan kembali kepada Complaint Spesialist untuk kemudian disampaikan kepada Petugas Customer Service.
Penyelesaian Pengaduan
Petugas Customer Service menyampaikan informasi kepada konsumen melalui email terkait hasil penyelesaian pengaduan.
Pemantauan Monitoring
Internal:
Eksternal:
Laporan kepada OJK per 3 bulan
Jumlah Pengajuan
Selama tahun 2022, Perusahaan menerima pengaduan sebanyak 7578 pengaduan dan telah ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan. Berikut ini adalah data penanganan pengaduan konsumen oleh Perusahaan di tahun 2022, yang termasuk pada jenis transaksi peminjaman dengan pembayaran secara angsuran.